Tetaplah dalam Perdjoeangan.


SamidCorner(Tegal) – Pembaca yang budiman. Menarik sekali ketika berkunjung ke sebuah situs milik founder ilmukomputer.com yaitu Kang Romi S. Setiap kali membaca tulisan milik kang Romi, pasti berisi ajakan untuk tetap semangat dalam menjalani hidup walaupun modal yang kita miliki sangat minim. Dan yang paling menarik dan mengusik pikiran saya lagi adalah kata-kata diakhir tulisan yaitu Tetaplah dalam perdjoeangan. (Tetaplah dalam perjuangan).

Hidup adalah Perjuangan

Ya, hidup adalah perjuangan. Kita tak akan pernah mencapai keberhasilan hidup hanya dengan tangan ada disaku. Berdiam diri tanpa melakukan apapun, takut dengan segala macam rintangan hidup. Malah akan menjadikan anda bukan sebagai manusia yang berkualitas. Hidup laksana sebuah bahtera yang sedang mengarungi samudera luas dan akan berlabuh pada sebuah sebuah tujuan yang hendak dituju, kemudian akan mengarungi samudra kembali dengan tujuan yang berbeda.

Bahtera tersebut dalam perjalanan merintangi lautan pasti akan berhadapan dengan segala hal yang melintang. Kesukaran ketika ada badai, angin bertiup begitu dahsyatnya, gelombang tinggi yang seolah-olah akan melahap bahtera yang sedang terombang-ambing digoncang gelombang. Atau bahkan akan merasa sebuah kemenangan besar tatkala aral melintang dapat dilalui dan kemudian tujuan yang dicitakan dapat disinggahi.

Perjuangan melawan derasnya arus kehidupan hendaknya jangan membuat kita mati tanpa perlawanan. Saya pernah memberikan sebuah quote untuk teman saya, “Lawanlah kehidupanmu yang keras itu, sehingga sekalipun kamu kalah dengan kehidupan setidaknya ada perlawanan”. Ya, melawan kehidupan tanpa rasa takut sehingga sekalipun anda kalah setidaknya anda pernah berusaha melawan setiap aral yang melintang. Dan tetap optimis dan yakin anda pasti menang pada sebuah laga melawan kehidupan.

Jangan Bersedih tetaplah Berjuang.

La Tahzan, Jangan bersedih. Sebuah quote yang sederhana, tetapi menyimpan banyak makna. Ketika say a membaca setiap lembar halaman dari buku tersebut (ya judulnya adalah La Tahzan, Jangan bersedih), ada semangat untuk tetap semangat melawan kehidupan. Tetap berjuang menghadapi cobaan hidup yang datang serta penuh keikhlasan menerima setiap apa yang telah diberikan oleh Tuhan.

Jangan menoleh kebelakang karena kita tidak dapat bahkan tidak mungkin dapat merubah keadaan di hari kemarin. Dan janganlah cemas dengan hari esok yang belum tentu kita semua akan menjumpainya. Jadi, janganlah bersedih yang perlu anda pikirkan adalah bagaimana anda berbuat baik untuk hari ini. Melakukan hal yang dihari kemarin yang tidak mengenakan, dan melakukan hal yang baik untuk memberikan efek yang baik pula pada hari esok.

Tetaplah dalam perjuangan kawan, saya pun demikian tak akan layu dan lapuk karena hembusan waktu yang penuh dengan rintangan. Tetap optimis bahwa apa yang kita lakukan dengan baik hari ini akan memiliki manfaat yang luar biasa untuk diri kita di esok hari. “Tetaplah dalam perdjoeangan “.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s